Search

Apa itu Metode aaPRP COVID-19?



Pengertian aaPRP

Terapi aaPRP diperkenalkan oleh dr. Karina F Moegni, SpBP melalui International Journal of Inflamation yang dinukil dari Hindawi (3).

aaPRP ( Autologous Activated Platelet Rich Plasma ) adalah konsentrat protein yang berasal dari dalam trombosit manusia. Dimana aaPRP ini diyakini dapat dijadikan sebagai terapi pengobatan seseorang yang terkena COVID-19 (1).


Cara Pembuatan aaPRP

1. Darah pasien diambil sebanyak 20-25 ml

2. Trombosit dipisahkan dari dalam darah

3. Trombosit dipecahkan dengan alat khusus untuk mengeluarkan protein di dalamnya

4. Protein yang sudah keluar dari trombosit akan dimasukkan kembali kedalam tubuh pasien melalui cairan infus

5. Keseluruhan proses pembuatan aaPRP membutuhkan waktu 2-3 jam (1).


Manfaat dan Kelebihan aaPRP

1. Trombosit memiliki lebih dari 1000 jenis protein yang terkandung di dalamnya ( termasuk protein anti radang, protein pembangunan dan zat anti bakteri )

2. Sangat aman digunakan di segala usia dengan berbagai macam kondisi kesehatan, karena berasal dari dalam tubuh sendiri dan tidak di proses debgan zat yang berasal dari hewan

3. Lebih kecil kemungkinan terjadinya efek samping dari terapi aaPRP dibandingkan dengan terapi lain, bahkan dinilai lebih aman dari donor plasma konsevalen (1).

4. Dapat menurunkan kemungkinan terjadinya badai sitokin pada pasien covid karena adanya kandungan anti inflamasi didalam trombosit

5. Dapat membantu dalam proses perbaikan sel yang rusak akibat COVID-19 (2).

6. PRP juga disebut mengandung antagonis reseptor interleukin 1 (IL-1RA) yang tidak lain merupakan sitokin antiperadangan yang menekan sekresi IL-6 penyebab badai sitokin (3).


Terapi aaPRP Bagi Pasien COVID-19

Untuk sembuh dari covid, setiap orang berbeda kebutuhan infus aaPRP ( tergantung kondisi pasien ). Sebenarnya karna terapi ini berasal dari tubuh sendiri ( autologous ), beberapa kali pun tidak membahayakan.

Namun disarankan untuk penderita covid ringan cukup sekali infus, sedangkan penderita covid berat dapat melakukan infus AaPRP ini hingga 5 kali (1).


DAFTAR PUSTAKA


(1) https://www.cnbcindonesia.com/news/20210807144821-4-266901/dahlan-ungkap-sosok-dokter-ui-temukan-terapi-aaprp-covid

(2) https://www.beritasatu.com/kesehatan/812345/terapi-aaprp-percepat-penyembuhan-covid19-dasco-kabar-bagus-untuk-rakyat

(3) https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3651770/heboh-metode-aaprp-untuk-terapi-covid-apakah-itu

25 views0 comments