Search
  • Gandasari Ekasatya

Berkumur air garam menyembuhkan sakit tenggorokan?



Terasa tidak enak untuk menelan atau bahkan berbicara, disebut sakit tenggorokan dan sebagai obat untuk rasa sakit dokter menyarankan berkumur dengan air garam hangat. Mungkin tidak seketika menyembuhkan sakit tenggorokan, tapi dalam beberapa menit akan terasa jauh lebih baik.


Kenapa air garam hangat begitu ampuh meredakan sakit tenggorokan?

Biasanya sakit tenggorokan memiliki satu dari dua penyebabnya, infeksi virus atau bakteri. Patogen ini menyerang sel di tenggorokan dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita.


Ketika kita berkumur dengan air garam hangat, kita benar-benar menggerakkan air garam ke sekitar tenggorokan. Secara sederhana, pada saat ini terjadi proses biologis yang disebut "Osmosis". Secara sederhana, osmosis dengan menggunakan larutan garam merupakan perpindahan molekul air dari tempat dengan konsentrasi garam yang lebih tinggi dibandingkan dengan cairan dalam sel-sel yang meradang. Jadi ketika air garam hangat bersentuhan dengan sel-sel tenggorokan dan amandel yang meradang, akan memaksa cairan dalam sel yang meradang tersebut keluar. Ini juga dapat menghilangkan beberapa infeksi yang disebabkan virus atau bakteri. Secara bertahap peradangan dan rasa sakit berkurang.


Mengapa harus berkumur dengan air garam setiap hari?


1. Mengatasi hidung tersumbat

Berkumur dengan air garam juga membantu menghilangkan lendir yang menumpuk di saluran pernapasan dan rongga hidung. Dapat mengurangi peradangan dan meredakan rasa mengganjal di tenggorokan. Selain itu juga dapat mengeluarkan bakteri dan virus.


2. Infeksi saluran pernapasan

Menurut sebuah penelitian di Jepang, berkumur dengan air garam hangat tiga kali sehari dapat membantu mengurangi risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas hingga 40%.


3. Meringankan radang amandel

Amandel adalah dua jaringan berbentuk oval yang terletak di belakang tenggorokan, yang meradang karena infeksi bateri dan virus. Tonsilitis yang meradang dapat menyebabkan rasa sakit saat menelan makanan. Berkumur dengan air garam membantu menghilangkan rasa sakit dan meringankan gejala ini.


4. Sariawan

Air garam membantu meredakan nyeri dan mempercepat proses penyembuhan.


5. Mempertahankan tingkat pH

Air garam hangat membantu menetralkan asam di tenggorokan yang dihasilkan oleh bakteri, membantu menjaga keseimbangan pH yang sehat dan mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan di mulut.


6. Menghilangkan bau mulut

Berkumur dengan air garam bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan bakteri mulut yang menyebabkan bau mulut.


7. Gusi berdarah dan sakit gigi

Air garam hangat meredakan gusi berdarah dan bengkak, yang meruoakan tanda awal penyakit gusi yang disebabkan oleh bakteri. Berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi peradangan dan melawan bakteri serta dapat menghilangkan sakit gigi.





Disadur dari:

https://www.youtube.com/watch?v=ZUPQK385uHQ

https://www.youtube.com/watch?v=TSSl-fueN4I


1 view0 comments