Search
  • Gandasari Ekasatya

Optimalisasi Prosedur untuk Pemulihan Sampel Mikrobiologis dari Permukaan

Dalam keamanan pangan, kontrol permukaan kerja mikrobiologis memainkan peran mendasar dalam pencegahan kontaminasi dari lingkungan. Teknik pengambilan sampel biasanya diterapkan di bawah tingkat kontaminasi permukaan yang berbeda yang bersentuhan dengan makanan selama makanan di proses . Ini bisa memberikan informasi yang salah kepada pelaku bisnis makanan tentang proses tingkat kebersihan lingkungan.


Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, di mana penggunaan alat pengumpulan inovatif - FLOQSwab ™ - diusulkan sebagai peningkatan dalam mengumpulkan kontrol kebersihan lingkungan, tampaknya menggembirakan. Memang, swab jenis ini, baik secara in vitro dan dalam uji sampel permukaan, terbukti lebih efisien dibandingkan dengan swab berujung rayon tradisional, yang sejauh ini telah menjadi canggih dan juga telah disarankan oleh ISO 18593: 2004 (ISO, 2004) untuk digunakan secara luas di industri makanan.


Penggunaan swab untuk pengambilan sampel lingkungan tidak dianjurkan di masa lalu karena pemulihan yang buruk dan kemudian untuk risiko hasil yang salah atau diremehkan. Pengenalan FLOQSwab ™ memungkinkan operator untuk memperkenalkan kembali penggunaan swab sebagai alat pengambilan sampel untuk semua area yang sulit dijangkau untuk dipantau sebagai penilaian kebersihan.


Berdasarkan hasil awal ini, diputuskan untuk memverifikasi penerapan flocked swab , bahkan dengan tes konfirmasi laboratorium lainnya, langsung di industri makanan. Seharusnya perusahaan terutama yang terlibat dalam produksi susu dan daging, dan pemulihan bakteri harus dilakukan dari berbagai permukaan yang lebih luas (kayu, SS, PP atau permukaan plastik dan keramik lainnya) demi pemantauan lingkungan dan penelitian khusus pathogen yang umumnya terlibat dalam masalah keracunan makanan, seperti Salmonella spp. dan Listeria monocytogenes.

10 views0 comments

Recent Posts

See All

PAROSMIA DAN PANTHOSMIA

PENGERTIAN Parosmia Parosmia adalah istilah medis untuk menggambarkan kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau distorsi indera penciuman. Seseorang dengan Parosmia masih memungkinkan untuk dapat

  • Facebook
  • Instagram

©2020 by Gandasari Ekasatya