Search
  • Gandasari Ekasatya

Kapan Kita Perlu Memeriksa Kesehatan Jantung?



Jantung dalam tubuh memiliki fungsi untuk memompa darah dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh, bahkan jantung dapat mengalirkan 14.000 liter darah dalam tubuh pada orang dewasa. Karena jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh, sangat perlu bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari gangguan penyakit.


Penyakit jantung dapat dialami oleh siapa saja dari berbagai usia dan seringkali tidak terdeteksi dari awal, sehingga kebanyakan orang baru mengetahui adanya penyakit tersebut setelah mengalami serangan pertama. Pemeriksaan jantung tidak hanya dilakukan untuk orang yang sudah didiagnosa memiliki penyakit jantung saja, namun orang sehat juga perlu untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dengan tujuan mendeteksi sedini mungkin adanya gangguan pada jantung.


Pemeriksaan jantung untuk orang yang tak memiliki gejala klinis meliputi pengecekan kolesterol total, HDL, dan tekanan darah sistolik. Dokter lalu akan melakukan pengecekan risiko Atherosclerotic Cardiovascular Disease (ASCVD) dengan memasukkan indikator usia, jenis kelamin, ras, status merokok, dan riwayat penggunaan obat antihipertensi. American Heart Association merekomendasikan pemeriksaan tersebut secara rutin setiap tiga tahun sekali serta dapat dilakukan lebih sering jika faktor risiko meningkat. Bagi orang yang sudah memiliki keluhan dan gejala berupa sakit pada bagian dada disertai napas terengah-engah, maka perlu pemeriksaan deteksi dinding jantung melalui Elektrokardiogram (EKG), Ekokardiografi, Angiografi, MRI, Jantung, atau dengan CT Scan dengan kontras.


Dengan demikian, sangat penting bagi kita untuk menjaga dan memeriksakan kesehatan jantung secara teratur serta menerapkan pola hidup sehat sejak dini untuk mengurangi risiko penyakit jantung.


Sumber :


https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-fungsi-jantung-ini-pada-tubuh-manusia

http://www.rstmc.co.id/rstmc/index.php/dokter/artikel-kesehatan/224-news-6

https://www.alodokter.com/ayo-periksa-jantung-dari-sekarang

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200219075827-255-475962/pemeriksaan-dan-waktu-yang-tepat-untuk-cek-kesehatan-jantung


2 views0 comments