Search
  • Gandasari Ekasatya

Apakah Sodium Sitrat Menyebabkan Efek Ergogenik pada Performa Berenang?

Banyak atlet menggunakan suplemen makanan dalam upaya untuk memaksimalkan kinerja. Dan diterima secara luas bahwa konsumsi suplemen makanan yang secara nutrisi dapat mempengaruhi kapasitas buffering intraseluler dan ekstraseluler adalah strategi berbasis bukti untuk meningkatkan kinerja olahraga.



Konsumsi makanan Natrium Bikarbonat sebelum berolahraga menginduksi alkalosis dengan meningkatkan kumpulan bikarbonat darah dan pH. Ini pada gilirannya meningkatkan kapasitas buffering ruang ekstraseluler dalam otot yang bekerja dengan memengaruhi penghabisan H + ke dalam ruang ekstraseluler untuk dibuang. selama latihan submaksimal intensif, salah satu penyebab utama kelelahan diyakini asidosis metabolik yang disebabkan oleh tingginya tingkat glikolisis anaerob, yang menghasilkan akumulasi ion H + lebih dari kapasitas buffering intraseluler.


MengkonsumsiNatrium Bikarbonat sebelumnya telah ditemukan untuk meningkatkan kinerja dalam serangan latihan berulang daripada dalam latihan - latihan renang tunggal, jangka pendek atau intensitas tinggi, namun penggunaan Natrium Sitrat telah diperkenalkan sebagai alternatif untuk Natrium Bikarbonat karena anggapan bahwa ia dapat menimbulkan lebih sedikit ketidaknyamanan pencernaan . Manfaat kinerja dari konsumsi Natrium Sitrat sebelum latihan intensitas tinggi masih tampak terbatas dalam literatur. Sebaliknya, satu studi menunjukkan bahwa Natrium Sitrat bukanlah bantuan ergogenik yang efektif untuk latihan intensitas tinggi.


Karena sifat ergogenik, penggunaan Natrium Bikarbonat sangat direkomendasikan untuk para perenang yang berlaga dalam acara intensitas tinggi yang berlangsung 1-7 mnt (Lindh et al., 2008). Mengkonsumsi 0,3 g Natrium Bikarbonat atau Natrium Sitrat / kg / tubuh Massa 60-90 menit sebelum berolahraga biasanya direkomendasikan (Siegler et al., 2016). Ini diyakini dapat meningkatkan kinerja dalam intensitas tinggi berbasis sprint acara berdurasi pendek (1 mnt) sebesar 1,7% (Carret al., 2011).


9 views0 comments

Recent Posts

See All